Belanja Buku Online

Akhir-akhir ini gw sering belanja buku secara online, selain karena lebih mudah tinggal pencet-pencet kibord, gw bisa baca sinopsisnya dulu dan komentar dr orang-orang yang sudah membaca buku yang gw mau beli dan yg jelas belanja buku online lebih murah karena ada diskon.

Biasanya gw belanja buku lewat inibuku.com, gw suka websitenya karena sederhana, ga kebanyakan fitur dan murni hanya jualan buku. Beberapa kali gw pesan buku lewat inibuku.com, pelayanannya cepat dan ga ribet. Dalam waktu 6 2hr buku pesanan sudah ada di tangan dan bila pembelian kita diatas Rp. 100.000,- bebas ongkos kirim.

Entah ada angin apa beberapa hari yang lalu tepatnya hari Selasa 09 Desember 2008 gw coba beli buku online lewat bukukita.com, gw tertarik dgn website ini pertama krn warnanya biru (alasan yg sebenernya ga masuk akal eh…). Kedua fiturnya menarik ada undian buku gratis setiap pembelian jumlah tertentu. Ketiga ongkos kirim berlaku “flat line delivery”. Keempat ada forumnya dan resensi buku yg ditulis para anggota. Jelas bila dibandingkan inibuku.com, kemasan website ini jelas lebih menarik dan mempunyai daya jual yg tinggi.

Saat itu gw tertarik membeli triloginya Stephenie Meyer yaitu: Twilight, New Moon dan Eclipse. Setelah gw ikuti prosedurnya keluar halaman konfirmasi pesanan gw berikut jumlah uang yang harus gw bayarkan.

“Rencananya gw mau nonton Twilight hari Sabtu besok, maunya ni buku uda ada di tangan paling lambat hari Jumat, dgn demikian waktu nonton film gw ga buta-buta banget sama jalan ceritanya. Yeah… tahu sendiri kan film yg diangkat dari novel jadinya seperti apa.”

So, waktu makan siang gw kluar kantor ke ATM terdekat dan melakukan pembayaran kemudian gw konfirmasi lagi lewat websitenya. Ga brapa lama gw dapat email dari sales bukukita.com yg isinya konfirmasi pesanan dan pembayaran gw.

2 hari kemudian, Jumat 11 Desember 2008 gw dapat email pemberitahuan klo 2 dari 3 buku yg gw pesan kosong dan bukukita.com baru order ke penerbitnya tanpa tahu kapan pastinya buku pesanan gw bakal tersedia. Gw diminta mengganti pesanan gw supaya buku cepat dapat dikirim. Dueng… sampai disini sungut gw mencuat naik dang w jadi berpikiran jelek, akal-akalan model apa ini mau menjebak konsumen yah, setelah duit masuk dan ga bisa ditarik lagi baru diberitahu klo buku ga ada dan kita diarahkan untuk mengganti pesanan.

Langsung aja gw kirim komplain melalui websitenya yang intinya: sekali-kalinya gw beli buku melalui bukukita.com pelayanannya mengecewakan, di website jelas-jelas tidak ada keterangan kalau buku tersebut kosong, gw sudah pasti berasumsi buku tersedia. Klo tahu buku kosong gw pasti tidak jadi pesan atau pesan buku dengan judul lainnya. Tapi gw keukeuh tidak akan merubah pesanan, gw mo tunggu sampe kapan tuh buku dikirim.

“Pengalaman gw di inibuku.com, selalu ada keterangan stock kosong atau buku tersedia tapi dalam jumlah terbatas dibold warna merah.”

Kesalahan gw saat itu tidak telpon langsung ke bukukita.com dan minta penjelasan lebih lanjut, jadinya selain komplain lewat website, gw juga kirim testimony alih2 memuji pelayanan bukukita.com, isi testimony gw ngomel-ngomelin pelayanan bukukita.com yg ga professional walhasil gw tunggu beberapa hari testimony gw ga muncul2 juga di website bukukita.com.

“Hari sabtunya gw nonton Twilight dan kecemasan gw terbukti, banyak detil cerita yg hilang yg sebenarnya bs terisi klo gw udah membaca bukunya.”

16 Desember 2008, gw uda ga perduli lagi dengan pesanan gw. Udahlah gw anggap duit ilang (doh… gaya bener ya, sementara yg lain mo makan aja susah ini duit dibuang-buang). Gw dapat email konfirmasi klo buku pesanan gw sdg dalam proses pengiriman, totalnya ada 2 buku yaitu: Twilight dan Eclipse berikut 1 lembar amplop pengembalian uang buku kosong. Phuif… akhirnya datang juga.

Benar saja begitu nyampe rumah ada bungkusan paket di meja, waktu gw robek didalamnya ada 2 buku pesanan gw berikut amplop berisi uang. Wuahhh… lega juga akhirnya masalah gw terselesaikan. Oya sebelumnya gw jg dapet email permintaan maaf atas pelayanan bukukita.com yg kurang maksimal.

Atas kejadian ini apa gw kapok beli buku online? Tentu saja tidak karena beli buku online lebih banyak keuntungannya. Bila terjadi masalah ya itu resiko yg harus ditanggung plus perlu orang-orang seperti gw (yg dikecewakan) untuk mengkritik para penjual online (testimoninya pujian melulu sih… enek lama-lama) supaya mereka tidak semena-mena memperlakukan konsumen dan terus meningkatkan pelayanan.

Soal mau balik belanja lewat inibuku.com atau bukukita.com, kita lihat saja nanti🙂

5 thoughts on “Belanja Buku Online

  1. Salam kenal Mba……
    Aku tambahin ya komplainnya…..sekarang lagi belanja di buku kita juga, ini sdh komplain yg kedua, kalo komplain yg pertama, wajarlah…….mungkin setelah itu ada perbaikan

    teng ….. teng……ternyata tidak. Aku pesan 3 buku, kok ga dapat2 kirimannya, aku cek ke web, setelah bayar hari jumat, sampai hari senin belum dikirim, hari selasa cek lagi belum kirim, komplain lah aku ke bukukita. Katanya, bukunya cuma ada 2, yg 1 stock kosong, tunggu dari penerbit (komplain yg lama di BukuKita juga masalah yg sama)

    Aku minta pengembalian uang kalo ga bisa krm bukunya sampai rumahku hari jumat, karena buku itu buat kado ultah anakku di hari sabtu

    Balasannya mereka minta tambahan ongkir kalo aku mau dikirim 2 bukunya duluan……it’s not about money, it’s about service

    kalo ga ada, bilang ga ada, di toko buku lain, bearbookstore, buku ga ada langsung dikonfirmasi, uang dikembalikan atau disimpan

    Aku punya screenshot komplainku dan jawaban mereka

    Sudah 2x pengalaman yang sama….mungkin banyak customer bukukita yg ngalamin hal yg sama tapi ga tahu complaint ke mana

    jangan belanja di BukuKita…….merepotkan dan melelahkan, bikin emosi naik, tidak cepat tanggapannya, kecuali bahasa kita udah marah

    • Wuaaa… berarti sama dengan aku ya mbak kasusnya😀
      Waktu itu aku juga dah dapat email konfirmasi jumlah pesanan buku dan rupiah yg harus dibayarkan, yah asumsiku karena dia sudah kasi konfirmasi… stocknya ada dong…
      Eh… tunggu punya tunggu ternyata bukunya ada yg kosong.

      Mudah-mudahan sih bukukita memperhatikan komplain dari konsumernya dan segera memberikan perbaikan ya mbak… jadi kita merasa nyaman belanja lagi disana.

    • Salam kenal juga mba…

      Wah ada lagi pelanggan yg merasa dikecewakan sama Toko Buku Online yg sama yah… dengan kasus yg kurang lebih sama. Padahal mbak sudah belanja untuk yg ke-2 kalinya ya… berarti kan mbak seharusnya dianggap sebagai pelanggan tetap yg mustinya dapet layanan yg lebih baik kan yah… Herannya kok mereka ga secepatnya memperbaiki servicenya… klo seperti ini lama-lama bisa lari semua pindah ke OL shop yg lain🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s